Senin, 09 Juni 2014

Menguji Datsun Go+ Panca T di Indonesia

By : Susanto Ari P





Datsun mengklaim bahwa GO+ Panca dirancang sesuai dengan kebutuhan keluarga Indonesia. Memang, banyak orang menyangsikan kemampuan bangku baris ketiganya mengangkut penumpang dewasa. Kami pun tidak menyangkalnya.

Namun, seberapa sering bangku ini dimanfaatkan? Bukan pemandangan aneh setiap hari kita melihat MPV dan SUV besar dengan kapasitas 7 orang hanya dinaiki 1 atau 2 orang saja. Pun ternyata bangku ketiga GO+ masih layak untuk diduduki oleh 2 anak kecil.

Gencarnya pemberitaan membuat wajah GO+ sudah tidak asing lagi. Tampilan depannya begitu kuat. Salah satu ciri khasnya adalah moncong gril trapezoidal berlapis krom. Gaya dinamis berlanjut ke lampu depan dan bumper dengan lekuk­an tajam.

Mirip Nissan Grand Livina, siluet samping GO+ begitu bersahaja. Pelek besi 13 inci ditutupi dop dan rumah spion samping hitam. Agar tidak kehilangan aura modern, lekuk bahu dibuat menonjol hingga belakang. Se­bagai penyelaras, lampu belakang tampil memikat.

Kesan murah tak dapat dihindarkan dari material plastik di kabin. Termasuk pula kualitas bahan fabric di jok. Agar tetap up-to date, tersedia MID dan RPM meter digital. Terdapat juga patokan penggantian gigi di speedometer supaya didapatkan konsumsi BBM irit.

Seperti kembali ke masa lalu, tuas rem parkir model tarik ber­ada di sisi tuas transmisi. Bukan selera banyak orang, namun posisi keduanya mudah dijangkau. Termasuk pula bangku kiri yang menginvasi konsol tengah. Selain bisa dimanfaatkan untuk menaruh barang, setting tersebut melegakan posisi duduk. Memang busa bangku cukup keras, tapi posisi duduk rendah menambah kenyamanan berkendara.

Sepintas, bangku baris kedua terkesan sempit. Entah sengaja atau tidak, Datsun mengakalinya dengan tidak menutup rongga antar rel bangku depan. Otomatis kaki penumpang bisa masuk ke dalam dan menambah ruang gerak kaki.

GO+ menggunakan mesin serupa milik Nissan March, tapi tanpa teknologi katup variabel. Ia hanya mencatat tenaga 67 dk dan torsi 104 Nm. Transmisi manual 5-speed dengan final gear 4,353 menyalurkan daya ke roda depan.

Kompensasi gigi 1 3,333 dan final gear besar membantu mengurangi defisit tenaga 8 dk dari March. Sentuhan pada komputer mesin menyesuaikan dengan daya angkut GO+ yang lebih besar.

Makanya, ia sangat mudah untuk start dari berhenti. Ban depan 155/70 R13 mudah spin di tempat. Reaksinya cukup menjanjikan, dengan perpindahan gigi mudah dan perbandingan gigi pas di setiap rentang kecepatan. Desing khas mesin 3-silinder mengiringi laju mobil.

Cukup terkejut dengan ban­tingan suspensinya. Kami merasa, ayunan suspensi GO+ terasa lembut. Bonus lainnya, setir dengan EPS yang ringan tetap lincah saat dikendalikan. Bodi pipih membantu mereduksi gejala limbung. Singkatnya, mirip Nissan March yang dipanjangkan.

Bicara fitur, Datsun GO+ Panca tipe T ini termasuk ‘cukup’. Tentu untuk model di segmennya. Seperti power window yang hanya ada di pintu depan. Itu pun tidak terpusat di bangku sopir. Penumpang belakang hanya dibekali tuas putar. Tidak masalah mengingat selama ini sopir yang lebih butuh naik-turunkan kaca.

Terdapat donggle untuk meletakkan gadget. Via AUX-IN, Anda dapat mendengarkan lagu dari gadget. Koneksi USB hanya berfungsi sebagai charger. Wiper dengan intermitten dan lampu kecil di depan yang akan mati 30 detik setelah mobil dimatikan adalah fitur yang melengkapi.

Dengan harga Rp 99,9 juta, sangat relatif untuk menyatakan bahwa ia kemahalan atau kemurahan. Bagi kami, batasannya adalah kebutuhan calon pembelinya. Dan racikan Datsun sudah cukup pas. Bagaimana menurut Anda?
Rival
Daihatsu Ayla M A/T

Mesin : 998 cc 3-silinder, 65 dk
0-100 km/jam : 16,53 detik
Harga : Rp 99,95 juta

+ Transmisi otomatis, kabin lega, fitur
- Tanpa bangku baris ke-3, desain luar, posisi duduk

First Opinion
Meski bukan sebuah MPV sejati, tetap saja Datsun GO+ Panca menjanjikan pengalaman berkendara serupa dalam kemasan lebih kompak dan murah. Volume mesin pas dengan karakter torsi memadai di putaran bawah membuatnya terasa menyenangkan ketika dikendarai. Sekarang tinggal menilik harga. Pantaskah Anda mengeluarkan uang segitu untuknya?

Sekilas Pandang
- Tersedia layanan servis 24 jam di jalan raya di kota-kota tertentu
- Datsun menyediakan garansi 3 tahun atau 100 ribu km, tergantung mana yang terlampaui lebih dulu
- Terdapat pilihan 5 warna memikat

Pusat Informasi dan Pemesanan hub :

KUSNIN_NISSAN
0852 5007 1979
0822 2028 7555
0542 - 5657129
Pin BB : 7641DC2C
email    : kusnin79@yahoo.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar